Perlawanan Perempuan terhadap Konstruksi Gender dalam Novel Perempuan Keumala Karya Endang Moerdopo: Kajian Feminisme.


SARI

 

Nugroho, Bayu Aji. Perlawanan  Perempuan terhadap Konstruksi Gender dalam Novel Perempuan Keumala Karya Endang Moerdopo: Kajian Feminisme. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Sumartini, S.S., M.A., dan Pembimbing II : U’um Qomariyah, S.Pd., M.Hum.

 

Kata kunci: kekerasan, gender, feminisme.

 

Novel Perempuan Keumala merupakan novel pertama milik Endang Moerdopo yang memiliki tema perjuangan perempuan dalam mengubah struktur gender yang berkembang dalam masyarakat. Dalam novel tersebut terlihat berbagai bentuk perlawanan tokoh perempuan yang berusaha mengubah struktur gender yang terdapat dalam masyarakat akibat relasi gender. Persoalan muncul ketika ketimpangan yang terjadi dalam relasi gender telah melahirkan ketidakadilan terhadap perempuan, oleh karena itu penulis ingin menganalisis lebih dalam mengenai anggapan tersebut.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu (1) faktor-faktor yang menyebabkan munculnya perlawanan tokoh utama perempuan dalam novel Perempuan Keumala karya Endang Moerdopo (2) bentuk perlawanan tokoh utama perempuan terhadap konstruksi gender dalam novel Perempuan Keumala karya Endang Moerdopo. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsi faktor-faktor yang menyebabkan munculnya perlawanan tokoh utama perempuan dalam novel Perempuan Keumala karya Endang Moerdopo, (2) mendeskripsi bentuk perlawanan tokoh utama perempuan terhadap konstruksi gender dalam novel Perempuan Keumala karya Endang Moerdopo.

Penelitian ini menggunakan pendekatan feminis. Sasaran penelitian ini adalah faktor-faktor yang menyebabkan perlawanan dan bentuk perlawanan tokoh utama perempuan pada novel Perempuan Keumala karya Endang Moerdopo. Teknik analisis data adalah teknik analisis deskriptif.

Berdasarkan hasil analisis, dapat diketahui bahwa faktor-faktor yang menyebabkan adanya perlawanan tokoh utama perempuan Keumalahayati pada novel Perempuan Keumala karya Endang Moerdopo adalah adanya berbagai macam bentuk kekerasan yang menimpa dirinya yang dilakukan oleh tokoh pria dalam novel. Bentuk kekerasan yang dilakukan oleh tokoh pria dalam novel antara lain, kekerasan fisik, kekerasan psikologis, dan kekerasan seksual. Keumalahayati melakukan perlawanan terhadap berbagai bentuk kekerasan yang menimpa dirinya.

Berdasarakan hasil penelitian ini disarankan pada penelitian berikutnya agar dapat memanfaatkan penelitian ini dengan menggunakan pendekatan yang berbeda, seperti pendekatan sosial dan eksternal.

 

3 thoughts on “Perlawanan Perempuan terhadap Konstruksi Gender dalam Novel Perempuan Keumala Karya Endang Moerdopo: Kajian Feminisme.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s