Mengelola Majalah Dinding di Sekolah


Morning Sahabat akademia saya sharing ilmu lagi yah, kali ini mengenai majal dinding, ok menurut Masri (2006: 1-3) menjelaskan bahwa pengelolaan majalah dinding sekolah yang baik itu secara sedrhana mencakup dua hal; yakni manajemen organisasi dan redaksional. Majalah dinding sebagai organisasi intra sekolah mutlak memerlukan manajemen baik. Manajemen organisasi mencakup bidang usaha dan tata usaha. Tugasnya adalah membantu kelancaran penerbitan majalah dinding sesuai periode terbit. Bidang inilah yang mengatur keungan, administrasi, sponsorship. Bagian ini dipimpin oleh seorang pemimpin umum, dibantu oleh beberapa bagian atau seks, seperti bagian administrasi, keuangan, dan lain-lain sesuai kebutuhan majalah dinding. Bagian administrasi bertugas membantu kelancaran administrasi, misalnya surat-menyurat. Bagian keuangan bertugas mengatur sirkulasi keuangan majalah dinding, dan lain-lain.

Bagian redaksional merupakan bagian yang mengurus materi pemberitaan majalah dinding. Bagian ini dipimpin seorang pemimpin redaksi yang bertanggung jawab atas pekerjaan yang terkait dengan pencarian dan pelaporan berita. Bagian ini senantiasa disibukkan dengan rapat yang menentukan informasi kelayakan. Keredaksian harus diisi oleh orang-orang yang mempunyai pemahaman baik terhadap teknik menulis.

Struktur redaksi terdiri atas pemimpin redaksi, redaktur pelakasana, staf redaktur, dan reporter. Pemimpin redaksi bertanggung jawab atas isi majaah dinding. Redaksi pelaksana akan menoordinir tugas keredaksiaan melalui para redaktur. Redaktur member tugas liputan kepada repoter, setelah itu melakukan editing atas tulisan reporter sekaligus menentukan kelayakan tulisan untuk diterbitkan. Adapun reporter bertugas mencari berita di lapangan, baik ditugaskan oleh redaktur maupun atas inisiatif sendiri.

Mutu majalah dinding sangat ditentukan oleh isi dari majalah dinding itu sendiri. Isi majalah dinding pun perlu direncanakan secara matang oleh pengelola, khususnya bagian redaksi. Perencanaan keredaksian ini dapat dimulai dari perencanaan liputan yang bersumber dari reporter, redaktur atau bahkan pemimpin redaksi. Perencanaan ditentukan dalam sebuah rapat yang disebut rapat redaksi. Dlam rapat bersama akan terungkap hal-hal sebagai berikut.

1)   Idea atau gagasan liputan

2)   Penentuan sudut pandang topik

3)   Dead line berita

Berkaitan dengan peliputan bahan maka beberapa hal yang perlu diketahui sebagai berikut.

1)   Persiapan Reporter

Adapun peralatan yang harus dipersiapakan ketika akan meliput berita, antara lain, tape recorder, alat tulis, kamera, dan lain-lain.

2)   Sumber Berita

Sumber berita yang dapat digunakan untuk majalah dinding, yaitu studi pustaka, dan pakar atau pengamat.

3)   Waancara

Adapun hal-hal yang harus diperhatikan ketika melakukan wawancara sebagai berikut.

a)    Etika dalam wwancara

b)   Berita harus diperoleh secara etis dan terbuka

c)    Etika wawancara melalui telepon

Di dalam majalah juga terdapat jadwal terbit. Jadwal terbit ini biasanya dapat bersifat mingguan. Jadwal terbit ini harus dilakukan secara konsisten. Pemilihan jadwal dan periode terbit dilandasi oleh kemampuan pengelola dan memenuhi besar halaman yang ada pada majalah dinding. Setelah majalah dinding selesai diterbitkan maka segenap pengelola harus melakukan evaluasi sehingga dapat dijadikan sebagai perbaikan.

Wawan (2009: 1) menjelaskan pula bahwa di dalam pengelolaan majalah dinding ada sebuah forum di dalam redaksi. Adapun hal-hal yang perlu dibahas sebagai berikut.

1)        Waktu Terbit

Waktu tebit majalah dinding perlu menjadi bahan diskusi, Haini disebabkan ada beberapa alasan. Salah satunya agar pelaksanaan kegiatan pembuatan majalah dinding tidak mengganggu waktu belajar. Waktu terbit rutin majalah dinding sebaiknya diperhatikan sedemikian rupa sehingga majalah bias terbit secara rutin dan waktu terbitnya jga tepat. Pergantian majalah dinding sebaiknya jangan terlalu cepat ataupun terlalu lama sebab apabila majalah dinding diganti terlalu cepat barangkali belum sempat dibaca oleh orang lain.

2)        Tema

Majalah dinding yang diterbitkan sebaiknya memiliki tema yang berbeda-beda untuk setiap kali terbit. Hal ini dimaksudkan agar pembaca tidak bosan dengan satu tema yang disajikan dan diharapkan dapat menambah wawasan para pembaca tentang tema-tema yang disajikan.

3)        Jadwal Kerja

Dalam pelaksanaan kegiatan pembuatan majalah dinding, penjadwalan merupakan suatu yang harus dibuat apabila majalah dinding dapat terbit tepat waktu dengan hasil yang memuaskan.

4)      Pengumpulan Materi

Pengumpulan materi merupakan tugas seseorang reporter. Materi yang dapat ditampilkan dalam majalah dinding dapat bersumber darimana saja.

5)      Pemilihan Materi

Materi yang diperoleh bias saja sangat banyak atau lebih dari cukup untuk mengisi majalah dinding atau mungin juga materi-materi yang diperoleh kurang layak untuk ditampilkan. Oleh karena itu, tim redaktur harus melakukan pemilihan materi yang bias dimuat atau dapat diterbitkan.

6)      Editing

Setelah melakukan pemilihan  materi maka langkah selanjutnya adalah melakukan proses editing terhadap tulisan, gambar, atau pun foto yang akan dimuat di dalam majalah dinding. Proses editing terhadap tulisan perlu dilakukan untuk mengurangi bahkan memperbaiki kesalahan penulisan.

7)      Evaluasi

Setelah majalah dinding diterbitkan dan dibaca oleh khlayak maka ada baiknya tim majalah dinding melakukan evaluasi, baik berdasarkan pengamatan maupun berdasarkan hasil kuosioner pembaca. Penilai-penilaian kritik dan saran dari pembaca dapat dijadikan modal perbaikan di masa yang akan dating.

8)      Keberlanjutan Majalah Dinding

Pengelolaan majalah dinding sekolah dapat berjalan dengan baik apabila mempunyai tim yang solid dan setiap saat dapat diberikan pembinaan atau apresiasi dari pihak sekolah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s